UNICEF Bermitra dengan ETC Labs untuk Mengembangkan Startup Blockchain

Image result for unicef

UNICEF adalah sebuah organisasi PBB yang memberikan bantuan kemanusian kepada negara-negara yang berkembang seperti negara-negara di Afrika, Asia, hingga Amerika.

Dalam melakukan penggalangan dana kemanusian agar tepat sasaran dan transparan bagi seluruh pihak-pihak yang terlibat, UNICEF mengandeng teknologi blockchain sebagai salah satu cara untuk menyalurkan dana kemanusiaan kepada orang-orang miskin dan yang membutuhkan di negara-negara Afrika. Sebelumnya, UNICEF sudah merilis Cryptocurrency Fund di mana donatur bisa mendonasikan uang mereka melalui Bitcoin dan Ether.

Tak hanya sampai di situ saja inovasi UNICEF untuk membantu aksi kemanusiaan melalui blockchain, kabar terbaru Ethereum Classic Labs (ETC Labs) secara resmi menjalin kemitraan dengan UNICEF dengan membagikan $ 1 juta dengan rincian kepada startup dari UNICEF Innovation Fund sebesar $ 750 ribu dan memberikan secara langsung kepada IMF sebesar $ 250 ribu.

ETC Labs sangat mendukung proyek-proyek yang dibuat dan digagas oleh para startup di UNICEF Innovation Fund dan berencana akan memberikan dukungan serta pelatihan kepada perusahaan rintisan blockchain tersebut jika startup mereka tertarik untuk membangun dan mengembangkan produk mereka di Ethreum Classic.

Menurut James Wo, pendiri ETC Labs, blockchain bisa menjadi teknologi masa depan di dunia namun tergantung dari  penggunaan dan pemanfaatan dari teknologi itu sendiri yang bisa berdampak kepada ekonomi dan sosial.

Oleh karena itu, ETC Labs memiliki satu visi yang sama dengan UNICEF untuk memberikan dampak secara sosial dan ekonomi dalam kehidupan manusia. Di mana, penggunaan blockchain dalam hal ini terlihat menjanjikan untuk lebih dieksplorasi lebih jauh lagi. Salah satunya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Untuk kedepannya, ETC Labs terus akan mencari tahu lebih banyak lagi mengenai pemanfaatan blockchain yang dapat digunakan untuk menciptakan efisiensi kerja melalui sejumlah kemitraan di masa yang akan datang.

Menurut Chris Fabian, Co-Lead dari UNICEF Ventures, walaupun UNICEF sendiri telah mengembangkan dan melakukan eksplorasi blockchain dan cryptocurrency agar bisa membantu aksi kemanusiaan melalui Cryptocurrency Fund yang bisa menyimpan, menerima, dan menyalurkan donasi dalam bentuk Bitcoin dan Ether.

Kerja sama UNICEF dan ETC Labs saat ini juga menjadi angin segar BAGI para startup di UNICEF Innovation Fund, di mana mereka dikabarkan akan diberikan suntikan dana. Berikut daftar startup-nya:

  • OS City, perusahaan rintisan asal Meksiko yang menggunakan cloud computing, blockchain dan AI untuk meningkatkan layanan pemerintah.
  • W3 Engineers, perusahaan asal India ini akan menghubungkan jaringan internet dengan pasar negara berkembang dengan bantuan teknologi blockchain open-source
  • Precrypto, perusahaan rintisan asal Meksiko yang memberikan layanan bantuan berupa aplikasi dalam melakukan pengiriman resep obat dan data klinis secara aman.

Kemitraan antara ETC Labs dan UNICEF sangat baik untuk kedepannya agar dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi yang terjadi di suatu negara melalui dana yang dibagikan kepada perusahaan rintisan cryptocurrency dan blockchain di dunia untuk mengembangkan layanannya.

Leave a comment