Cara Kerja Blockchain

Blockchain adalah sebuah sistem yang biasa digunakan untuk menyimpan data digital yang berisi tentang catatan-catatan yang terhubung langsung pada kriptografi. Dimana, teknologi blockchain sudah banyak dimanfaatkan dalam berbagai sektor, seperti ketika melakukan transaksi mata uang kripto seperti Bitcoin.

Nah dari pengertian diatas Farhan coba search vidio dari youtube dan ketemu deh vidio di bawah..

//youtu.be/o1ugNnMyeZc

Dari nonton vidio diatas Farhan udah bisa menyimpulkan sedikit dari cara kerjanya Blockchain. Menurut kesimpulan yang Farhan tangkep sebenarnya Blockchain sama aja seperti alat alat transfer antar bank lainnya, tapi disini bedanya Blockchain tidak menggunakan pihak ketiga seperti Bank (Bank adalah pihak ketiga). Kalau bank umum atau publik dalam hal mentransfer uang seperti terlihat nomer rekeningnya dan nama pengirimnya, beda halnya dengan sistem cara kerja Blockchain. Sistem transfer Blockchain menurut Farhan agak rumit daripada sistem transfer antar Bank, yaitu setiap pengguna harus memiliki rincian akun mereka masing masing tanpa harus mengetahui identitas orang lain, tapi disisi itu Blockchain mempunyai sistem keamanan yang lebih ketat dan privasi daripada transfer antar Bank.

Oiyaa fungsi Blockchain bukan hanya untuk mentransfer uang antar pengguna lho.. Masih ada juga fungsi Blockchain lainnya yang Farhan tau dintaranya mengamankan dokumen dokumen dan mengecek keaslian data.

Segitu aja yang baru Farhan ketahuin tentang Blockchain, semoga ketikan ini bisa bermafaat bagi orang lain walaupun cuma sedikit hehe..

Sebagai penutup Farhan ada sebuah wejangan dari guru ngaji dirumah, beliau pernah bilang

“Sebarkan ilmu walaupun hanya satu huruf”

Leave a comment