Manfaat Dan Kegunaan Nyata Blockchain

Hello Guys,,,
Kalian pasti pada kepo nih manfaat penggunaan teknologi blockchain, khususnya dalam perusahaan.

Blockchain menawarkan media yang ideal untuk bekerja sama dalam lingkungan tanpa kepercayaan, tanpa memberi terlalu banyak kekuatan kepada satu pihak. Ini kadang-kadang bahkan bisa menjadi masalah politik, seperti ketika tidak ada lokasi pusat untuk meng-host database yang akan diterima semua pihak. Desentralisasi juga mencegah satu sisi dari pengisian yang berlebihan untuk layanan perantara mereka.

Image result for desentralisasi blockchain

Akhirnya, ada masalah keamanan. Blockchain hadir dengan redundansi bawaan, enkripsi, sinkronisasi, dan penolakan tamper. Arsitektur Blockchain secara fundamental dirancang berbeda dalam keterbukaan, kolaborasi, dan interaksi data di antara banyak pihak yang benar-benar membuat teknologi basis data lebih aman dan andal. Dengan demikian, blockchain menawarkan salah satu metode terbaik untuk menyimpan data.

9 Manfaat Teknologi Blockchain

1. Disintermediasi

Dua pihak dapat melakukan pertukaran tanpa pengawasan atau intermediasi dari pihak ketiga, sangat mengurangi atau bahkan menghilangkan risiko counterparty (pihak ketiga atau peserta, baik bank atau pelanggan, dengan siapa transaksi keuangan dibuat, atau pihak-pihak yang melakukan transaksi keuangan).

2. Para penggunanya diberi kuasa

Para penggunanya memegang kendali atas semua informasi dan transaksi mereka.

3. Data yang berkualitas tinggi

Data Blockchain secara lengkap, konsisten, tepat waktu, akurat, dan tersedia secara luas.

4. Daya tahan, kehandalan, dan panjang umur

Karena adanya jaringan desentralisasi, blockchain tidak memiliki titik pusat kegagalan dan lebih mampu menahan segala serangan berbahaya.

5. Proses yang berintegritas

Pengguna dapat mempercayai bahwa transaksi akan dilaksanakan sama persis seperti perintah protokol dan menghilangkan kebutuhan untuk pihak ketiga.

6. Transparan dan immutabilitas

Perubahan pada blockchains publik dapat dilihat secara terbuka oleh semua pihak yang menciptakan transparansi, dan semua transaksi yang tidak dapat berubah, yang berarti mereka tidak dapat diubah atau dihapus.

7. Mempermudah ekosistem

Dengan semua transaksi yang ditambahkan ke Ledger umum tunggal/single publik ledger, mengurangi kekacauan dan komplikasi dari beberapa buku besar/ledger.

8. Transaksi yang lebih cepat

Transaksi antar bank berpotensi dapat memakan waktu hingga beberapa hari untuk kliring dan penyelesaian akhir, khususnya di luar jam kerja. Namun transaksi Blockchain dapat mengurangi waktu transaksi dalam hitungan menit dan diproses selama 24/7.

9. Biaya transaksi yang lebih rendah

Dengan menghilangkan perantara pihak ketiga dan biaya overhead untuk bertukar aset, blockchain memiliki potensi untuk mengurangi biaya transaksi.

Pada akhirnya, blockchain mengharuskan untuk mempercayai kode dan algoritme di atas mitra manusia, dan beberapa di antaranya tidak siap untuk melakukannya. Kode dan algoritme yang bisa dipercaya bisa sangat bagus untuk kasus-kasus sederhana.

Image result for gif blockchain

Namun, kemampuan blockchain untuk menawarkan buku besar yang tidak berubah dan mengutak-atik dapat membantu mencegah pihak berwenang menyalahgunakan kekuasaan mereka. Sama seperti kebanyakan teknologi lainnya, menemukan keseimbangan manusia – komputer adalah penggunaan terbaik blockchain

Related Posts

Comments (8)

Keamanan blockchain yang ga perlu diragukan lagi, bisa jadi inovasi baru dalam banyak bidang. Thankyou for information min๐Ÿ˜

Nuke Puji Lestari Santoso

manfaat nya bisa dirasakan jelas yah karena transparan juga ^^ kuyy blockchain semakin mendunia

Implementasi blockchain emang patut diacungi jempol, apalagi keamanannya jadi metode terbaik dalam menyimpan data๐Ÿ˜ thanks for sharing yaa

Secara fundamental artikel ini belum bisa menjawab judul artikel karena bahasanya masih bertele-tele sehingga org awan akan sulit menangkap maksud dan pesan di dalam artikel ini.
Jika yg ingin di tonjolkan manfaat dalam dunia nyata, maka bisa sebutkan contoh spesifiknya..

manfaat blockchain memang tak perlu diragukan lagi, tidak diperlukan jga pihak ketiga dlm blockchain, Blockchain menduniaaa ๐Ÿš€๐Ÿš€

Menjadi nilai lebih dari blockchain yaitu transparan dan immutabilitas dimana semua transaksi yang tidak dapat berubah, yang berarti mereka tidak dapat diubah atau dihapus^^

Agak mengganjal dengan point 8 tentang transaksi yang lebih cepat. Untuk saat ini kebanyakan platform blockchain hanya bisa mengakomodasi 10 sampai dengan 100 TPS(Transaction per Second). Sehingga proses transaksi masih bisa lebih cepat centralized database daripada blockchain ditambah algoritma konsensus untuk memverifikasi valid tidaknya sebuah blok yang di create.

Sungguh sangat keren dan bagus sekali teknologi blockchain ini karna sifatnya yang transparansi ini lah yang akan dapat mengeliminasi kecurangan kecurangan yang terjadi pada masa ini. Semoga blockchain dapat diterapkan khususnya di indonesia agar blockchain dapat mendunia

Leave a comment