5 Tahapan Pendanaan Startup

1. Seed Capital (Modal Awal)

Modal awal adalah sumber investasi paling awal untuk startup Anda. Ini biasanya merupakan investasi uang pertama yang digunakan untuk riset pasar dan pengembangan produk. Sumber akan mencakup saluran yang diandalkan sejak kecil seperti teman dan keluarga, crowdfunding, kartu kredit, atau tabungan pribadi Anda.

2. Angel Investor Funding

Pada akhirnya, seiring dengan pertumbuhan kebutuhan startup Anda dan Anda perlu meningkatkan atau meningkatkan pendanaan untuk pengembangan produk, pemasaran, atau hanya untuk memperluas tim Anda untuk menjaga momentum, Anda dapat melihat angel investor sebagai solusi. Jika startup Anda mengumpulkan uang pada tahap ini, kanvas model bisnis Anda harus terbukti.

Investor malaikat terakreditasi, sebagaimana didefinisikan oleh SEC, adalah individu yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu juta dolar dan pendapatan tahunan setidaknya dua ratus ribu secara individu atau tiga ratus ribu bersama dengan pasangan.

3. Venture Capital Financing

Pendanaan modal ventura (VC) biasanya digunakan oleh perusahaan yang sudah mendistribusikan atau menjual produk atau layanan mereka, meskipun mereka mungkin belum menguntungkan. Jika perusahaan tidak menguntungkan, pembiayaan modal ventura sering digunakan untuk mengimbangi arus kas negatif.

Mungkin ada beberapa putaran pendanaan VC dan masing-masing biasanya diberikan huruf alfabet (A diikuti oleh B diikuti oleh C, dll). Putaran VC yang berbeda mencerminkan penilaian yang berbeda (mis. Jika perusahaan makmur, putaran Seri B akan menilai saham perusahaan lebih tinggi dari Seri A, dan kemudian Seri C akan memiliki harga saham yang lebih tinggi daripada Seri B).

Putaran ini juga dapat mencakup “investor strategis:” investor yang berpartisipasi dalam putaran dan juga menawarkan nilai seperti bantuan pemasaran atau teknologi. Dalam putaran pendanaan Seri A, B, C, dll., Uang biasanya diterima dengan imbalan saham preferen (berbeda dengan saham biasa yang diterima)

4. Mezzanine Financing & Bridge Loans

Pada tahap ini, startup Anda sedang tumbuh dan ingin meningkatkan skala secara signifikan dengan produk yang tersedia secara komersial. Penghasilan harus datang secara teratur bahkan jika startup belum menguntungkan. Dana yang dihimpun pada saat ini akan diarahkan untuk ekspansi ke pasar baru, merger, akuisisi, atau mempersiapkan IPO. Investor pada tahap ini ingin melihat peta jalan yang jelas menuju keuntungan segera. Misalnya, pembiayaan mezzanine dapat menutupi biaya yang melibatkan IPO. Dengan keuntungan dari IPO, investor mezzanine dibayar kembali dengan bunga.

5. IPO (Initital Public Offering)

Akhirnya, perusahaan dapat mengumpulkan uang melalui penjualan saham kepada publik dalam apa yang disebut dengan Initial Public Offering atau IPO.

Harga pembukaan saham IPO biasanya ditetapkan dengan bantuan bankir investasi yang berkomitmen untuk menjual X jumlah saham perusahaan dengan harga Y, mengumpulkan uang untuk perusahaan. Setelah stok keluar, itu diperdagangkan melalui bursa (seperti NASDAQ atau American Stock Exchange). Perusahaan dapat menawarkan lebih banyak stok mereka melalui penawaran tambahan.

Related Posts

Leave a comment