Jenis Jenis Blockchain

 

 

 

Berkembangnya blockchain seakan menciptakan berbagai blok yang terhubung satu sama lain di dalam rantai (rantai). Ini sering sekali ingin diketahui oleh banyak pengguna dan pengembang. Ada banyak model blockchain yang dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan dan pengguna yang didukung.

Inilah yang menjadi dasar bahwa blockchain sangatlah fleksibel dan tidak tertutup kemungkinan akan ada model Blockchain lainnya di masa depan. Berikut ini saya akan mengulas sejumlah tipe blockchain yang berkembang saat ini, inilah ulasannya:

Blockchain Publik

Blockchain publik sama sekali tidak memiliki batasan akses. Siapa pun yang memiliki koneksi dapat membeli transaksi juga menjadi validator (membeli dalam implementasi protokol konsensus). Khusus, jaringan semacam itu menawarkan insentif ekonomi bagi mereka yang mendukungnya dan menggunakan beberapa jenis algoritme  Bukti Saham atau  Bukti kerja. Beberapa blockchain publik Bitcoin dan Ethereum terkenal

Blockchain pribadi

 Blockchain pribadi adalah blockchain berizin. Seseorang tidak dapat bergabung tanpa diundang Oleh Administrator Jaringan. Akses peserta dan validator berpartisipasi.

Jenis blockcain ini dapat dianggap sebagai jalan tengah bagi perusahaan yang tertarik dengan teknologi blockchain umum tetapi tidak nyaman dengan tingkat kontrol yang ditawarkan oleh jaringan publik. Biasanya, mereka berusaha untuk memblokir blockchain ke dalam prosedur akuntansi dan menyimpan catatan tanpa membeli otonomi dan risiko mengekspos data sensitif ke internet publik.

Blockchain konsursium

Sebuah blockchain konsorsium sering diberikan sebagai semi-desentralisasi. Ini  juga perlu Izin tunggal yang ditentukannya, dihitung Perusahaan Izin  Simpul  di Jaringan tersebut. Administrator dari rantai konsorsium membatasi hak pembacaan pengguna dan hanya mengizinkan  node  tepercaya yang terbatas untuk mengeksekusi protokol konsensus.

 

Itulah model dari blockchain yang sedang dikembangkan saat ini. Nanti dengan adanya blockchain semakin menjawab kebutuhan manusia di era digital saat ini. Karena konsep blockchain memberikan keamanan dan kenyamanan buat penggunanya.

Sumber: //id.m.wikipedia.org/wiki/Blockchain

Related Posts

Leave a comment